Tips Memilih Daging

Mengolah Daging

Mengolah Daging

Makanan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia, kerena makanan merupakan kebutuhan pokok untuk mempertahankan hidup manusia. Makanan makanan yang dikonsumsi awalnya berasal dari suatu bahan makanan. Bahan makanan inilah yang nantinya diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang bervariasi. Bahan makanan sangat beraneka ragam, terbagi menjadi beberapa jenis, meliputi bahan makanan pokok (beras, sagu, gandum, ubi, dll), sayur (jagung, sawi, kol, kacang panjang, dll), buah (pepaya, melon, semangka, pisang, dll), lauk hewani (daging sapi, ayam, ikan, telur, dll), dan lauk nabati (tahu, tempe, oncom, dll).

Dari beberapa jenis bahan makanan tersebut, terdapat beberapa jenis bahan makanan yang harus diwaspadai dalam hal pemilihannya. Memilih bahan makanan yang akan kita beli merupakan salah satu pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya keracunan makanan ataupun gangguan kesehatan lainnya. Diantara beberapa bahan makanan tersebut, bahan makanan yang memiliki titik kritis dalam hal kualitas adalah bahan makanan hewani. Mengapa demikian? Bahan makanan hewani merupakan salah satu jenis bahan makanan basah. Tempat penyimpanannya pun harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetakan, yaitu pada lemari pendingin dengan suhu 0- -5 0C untuk lama penyimpanan selama kurang dari 3 hari. Sedangkan untuk penyimpnan yang lebih lama harus dengan lemari pendingin dengan suhu yang lebih rendah pula. Bahan makanan hewani merupakan bahan makanan yang mudah busuk, mudah dihinggapi lalat, dan mengundang banyak bakteri, sehingga benar benar diperlukan cara yang cermat dan teliti dalam memperlakukan bahan makanan hewani tersebut. Perlakuan terhadap bahan makanan tersebut dimulai dari tahap pembelian. Pada tahap pembelian bahan makanan hewani ini, kita harus benar-benar jeli dalam memilih, karena jika tidak maka bahan makanan yang seharusnya memberikan gizi dan manfaat bagi tubuh, malah akan merusak dan mengganggu kegiatan metabolisme tubuh. Maka dari itulah penting bagi kita untuk memperhatikan beberapa ciri-ciri bahan makanan yang baik dan bahan makanan yang kurang baik.

Dari bahan makanan hewani tersebut, terdapat satu jenis bahan makanan yang saat ini sedang dihebohkan dari segi kualitasnya. Bahan makanan hewani tersebut adalah daging. Daging sapi yang beredar di pasaran ddikabarkan bukan berasal dari daging sapi asli, melainkan berasal dari daging babi. Memang tidak terdapat perbedaan yang begitu mencolok antara daging sapi dan daging babi, karena keduanya memang sama-sama termasuk dalam golongan daging merah. Tetapi tetap terdapat beberapa perbedaan yang dapat kita amati dalam memilih dan mengolah daging yang halal. Daging sapi biasanya memiliki ciri-ciri permukaan daging yang mengkilap, warna daging merah cerah, bukan putih pucat, memiliki bau yang khas, serta tidak berbau asam atau busuk. Saat daging sapi dipegang, tidak terasa basah dan tidak lengket di tangan, tidak lembek, serta bersifat elastis.

Bagaimana cara memilih daging yag sehat dan segar? Perhatikan tips di bawah ini.

  1. Belilah daging yang berasal dari sumber yag jelas dan terpercaya. Daging yang berada di supermarket lebih terjamin kualitasnya dibandingkan dengan daging yang dijual di pasar tradisional. Jika membeli daging di pasar tradisional, maka periksalah dengan teliti.
  2. Berhati hatilah dengan daging yang telah diawetkan dengan formalin. Ciri-ciri daging yang diawetkan dengan formalin adalah daging lebih peret, tidak terdapat lalat yang hinggap pada daging, bau formalin kadang tercium sangat menyengat, tapi kadang juga tak tercium sama sekali.
  3. Pilihlah daging yang berbau segar dan khas daging, permukaan mengkilat, dan berwarna merah cerah.

Ikutilah tips-tips di atas, insya Allah akan mendapatkan daging dengan kualitas halal dan segar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: