Tips & Resep Sayur Asam Kerang Putih

Sayur Asam Kerang Putih

Sayur Asam Kerang Putih

Masakan nikmat dan sehat seperti kerang bisa Anda sajikan untuk keluarga dengan mudah dan cepat. Salah satu menu yang bisa Anda coba adalah Sayur Asam Kerang Putih. Dengan tambahan Royco Bumbu Komplit Sayur Asam Jakarta, menu istimewa ini bisa Anda buat dengan mudah. Wah, ternyata kerang juga bisa ditambahkan ke menu sayur asam!

Sebelum mulai memasak, siapkan dulu kerang putih yang jadi bahan utama. Membersihkan kerang dengan sempurna sangat penting demi lezatnya masakan Anda.

Caranya:

  • Bersihkan cangkang kerang dari pasir dan kotoran dengan sikat sampai bersih. Keluarkan bagian seperti benang yang terdapat pada kerang.
  • Siapkan air yang telah ditambahkan garam dan es batu. Rendam kerang dalam air dingin tersebut untuk mematikan racun dan bakteri yang menempel. Rendaman ini juga berfungsi menghilangkan bau amis kerang.
  • Setelah direndam, bilas kembali kerang dengan air bersih.

Setelah dibersihkan, kerang siap dimasak. Untuk menu Sayur Asam Kerang Putih ini, bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 1 kg kerang putih lebar. Cuci bersih
  • 1 bungkus Royco Bumbu Komplit Sayur Asam Jakarta
  • 10 cabai rawit utuh
  • 2 potong tipis jahe
  • 1 potong lengkuas
  • 1 liter air

Cara memasak:

  • Rebus air hingga mendidih
  • Masukkan semua bahan lalu masak hingga matang
  • Angkat, sajikan hangat

Gunakan jumlah air yang sesuai dengan resep di atas. Jangan merebus kerang dengan air yang terlalu banyak, karena sari kerang yang keluar saat kerang direbus akan menjadi tidak terasa dan masakan akan menjadi hambar. Selain itu, kerang tidak memerlukan waktu yang lama untuk masak. Jadi pastikan Anda memasukkan kerang ke dalam rebusan setelah air mendidih.

Lalu agar kerang matang dengan merata, keluarkan kerang dari rebusan bila cangkangnya telah terbuka. Tiriskan kerang yang sudah matang sambil menunggu semua kerang lain dalam rebusan telah matang. Setelah semua kerang matang, masukkan kerang kembali ke dalam kuah sayur asam setelah api dimatikan. Setiap kerang memiliki waktu masak yang berbeda, jadi walaupun tampak merepotkan, tapi proses ini akan mengurangi resiko kerang yang terlalu matang atau kurang matang. Apalagi kerang yang terlalu matang akan menjadi terlalu kenyal dam hambar. Kerang yang matang sempurna dengan merata pasti akan semakin menambah kelezatan masakan Anda.

Kalau Anda ingin menyimpan masakan kerang Anda untuk disajikan lagi, Anda bisa menyimpan kerang di dalam kulkas. Bahkan sebenarnya kerang yang sudah dimasak sebaiknya langsung disimpan di kulkas. Untuk melakukan hal ini, Anda harus mengeluarkan kerang dari cangkangnya. Setelah itu, simpan kerang dalam wadah bersih yang tertutup rapat bersama sari kerang yang terssisa saat Anda merebus kerang agar kelembaban, rasa, dan kelezatan kerang tetap terjaga. Kerang yang Anda simpan di dalam kulkas bisa bertahan sampai sekitar 1-2 hari.

Anda juga bisa menyimpan kerang yang sudah dimasak di dalam freezer dengan cara yang sama seperti di atas. Bila dibekukan dalam freezer, kerang masak bisa disimpan sampai sekitar 3 bulan. Tapi jangan pernah menyimpan kerang mentah di dalam freezer, karena hal ini akan merusak rasa kerang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: